Lokasi Goa Pindul

Saat mendengar nama Gunungkidul,  yang terlintas dipikiran kita pasti “pantai”. Tapi sebenarnya masih banyak yang menarik dari kabuapaten Gunungkidul. Berbeda dengan empat kabupaten lain di Daerah Istimewa Yogyakarta yang subur nan hijau, Gunungkidul adalah perbukitan kapur tandus yang selalu dilanda kekeringan. Berada di pesisir selatan Pulau Jawa, Gunungkidul merupakan sisa lautan di masa silam. Manusia-manusia awal di sini bersaudara tua dengan manusia ras Australoid dari Pegunungan Sewu di wilayah Pacitan yang datang melalui jalur lembah karst dan Bengawan Solo purba menuju Gunungkidul di akhir zaman pleistosen sekitar 700 ribu tahun lalu. Bentang alam gunungkidul adalah pesona tiada dua. Mulai dataran tinggi vulkanis, derasnya sungai bawah tanah, kegelapan goa vertikal maupun horizontal, hingga eksotisnya deretan pantai pasir putih. Semua ada di Gunungkidul. Berpuluh tahun diselimuti kabut tentang misteri tanah yang tandus, kekeringan yang kerap melanda, namun kini Gunungkidul telah menampakkan diri, memperlihatkan keindahanya yang selama ini tersembunyi. Ibarat si itik telah menjelma menjadi angsa putih nan cantik.

Salah satu obyek wisata di Gunungkidul yang kini tengah ramai dibicarakan, adalah Goa Pindul. Siapa yang tidak tahu Goa Pindul, tempat wisata yang penuh dengan kontroversi. Nama obyek wisata goa pindul saat ini  sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, itu karena makin menanjaknya ke populeran wisata alam di Gunungkidul ini.

Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran 1, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Goa ini mulai diperkenalkan pada akhir 2010. Nama Goa Pindul berasal dari sebuah kisah seorang pemuda yang bernama Joko Singlulung yang mencari ayahnya yang hilang. Dengan menyusuri banyak hutan dan goa, tiba-tiba kepalanya terbentur salah satu batu di goa ini, sehingga akhirnya goa ini dinamakan Goa Pindul. Pindul merupakan singkatan kata dari pipi kejendul (bahasa Jawa) yang berarti pipi terbentur.

Goa ini memiliki keindahan yang unik. Unik karena memiliki banyak kilauan stalaktit dan stalakmit yang berusia ribuan tahun yang berwarna putih kristal di berbagai sudut goa. Sangat eksotis. Ada pula stalagtit gong yang bila dipukul akan menghasilkan suara mirip gong yang suaranya membahana terpantul di dinding goa. Ditambah lagi adanya sebuah ruangan yang cukup besar dengan lubang di atasnya dan berada di tengah goa. Dengan begitu suasana di tengah goa ini menjadi lebih eksotis dengan adanya sinar matahari yang masuk melalui lubang ini.

Anda juga dapat meyusuri sungai sepanjang 350 m menuju ke dalam perut goa dengan memakai ban mobil sebagai pelampungnya. Kegiatan ini disebut cave tubing dan biasanya dilakukan selama kurang lebih 45-60 menit. Aliran sungai di goa ini tenang sehingga bisa dilakukan juga oleh anak-anak. Selama perjalanan menyusuri sungai Anda akan disuguhi beberapa lukisan alami yang tercipta dari kelelawar penghuni goa. Anda juga akan mendapat penjelasan tentang ornamen, batu Kristal di sepanjang penyusuran.

denah goa pindulCara menuju Goa Pindul Dengan Angkutan Umum dari Jogjakarta:

Alternatif 1 (bus)

Dari terminal Giwangan Jogja silakan naik bus menuju ke Wonosari. Setibanya di Bundaran Siyono, Wonosari akan terlihat banyak jasa ojek yang dapat mengantar Anda menuju Cave Tubbing Goa Pindul. Dari Bundaran Siyono menuju ke Goa Pindul tidak lama karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Alternatif 2 (kendaraan pribadi)

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari  ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar  – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada perempatan yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan selamat datang di goa Pindul. atau sambil menuju kesini bisa telpon contact kami biar mudah dan tidak tersesat.

Demikianlah informasi tentang Goa Pindul yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu Anda yang berencana berlibur ke Gunungkidul khususnya dan Jogja pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: